Add to Technorati Favorites   Personal Blogs   Top Blogs   Blog directory   Blogs Topsites - TOP.ORG   Personal blogs & blog posts   kehidupan, hidup   Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory

16 Februari, 2009

Siapa yang Hobi Nyanyi . . . ?



Saya yakin banyak di antara sobat yang hobi nyanyi. Baik orang muda, setengah umur, atau orang tua pada umumnya senang menyanyi, atau paling nggak senang dengerin musik dan orang lain nyanyi. Menyanyi juga termasuk salah satu hobi saya. Biasanya, dua minggu atau sebulan sekali saya kumpul sama teman-teman buat karaoke bareng di NAV, Inul Karaoke, atau tempat karaoke lainnya. Yahh . . . , bagi pelantun lagu amatiran kayak kita-kita ini, nyanyi di karaoke memang paling tepat. Selain tempatnya aman (nggak ada yang dengar kecuali teman-teman kita), juga bisa buang stres nyanyi sepuas-puasnya dan sekencang-kencangnya, nggak ada yang denger ini . . . . , malah kadang-kadang syair lagu kita plesetin semau kita, ha ha ha . . .

Ngomong soal nyanyi, tahukah sobat bahwa kebiasaan menyanyi yang tercatat dalam sejarah sudah dimulai sejak tahun 4000 sebelum masehi ? Jangan membayangkan musik-musik kontemporer kayak sekarang ini lho, karena pada awalnya nyanyi itu berawal dari kebiasaan membuat puisi. Seperti jaman sekarang, nyanyian yang ngetop di jaman itu juga adalah nyanyian bertema cinta. Cara menyanyinya sederhana, mereka melantunkan pusisi diiringi alat musik kuno yang disebut “lyre” atau alat musik lainnya. Walaupun nadanya masih aa … uu … nggak pakai not, tapi syair-syair lagu yang masih tersimpan nggak kalah romantis sama lagu-lagu jaman sekarang.

Naskah tertua nyanyian ditemukan di daerah sekitar sungai Tigris dan Efrat, yang dulu dikenal sebagai Sumeria. Naskah tersebut dibuat pada lempengan tanah liat yang berbentuk kerucut sekitar 4000 tahun yang lalu, isinya sekitar 40 – an lagu, yaitu lagu-lagu pujian buat dewa dewi Sumeria, terutama Inana dewi bulan dan Dumiz dewa kesuburan. Ada pula naskah puisi dan lagu terbuat dari tembikar, ditemukan di Mesir dan diperkirakan berusia sekitar 3500 tahun dan merupakan koleksi lagu-lagu Firaun Ramses untuk permaisuri Mesir.


Naskah lagu lain yang lebih muda usianya adalah Kidung Salomo di Israel, diperkirakan berusia 3000 tahun ditulis dalam bahasa Ibrani, dan terjemahannya dapat dibaca oleh orang-orang jaman sekarang di Alkitab yaitu kitab Mazmur. Isinya kumpulan lagu-lagu cinta, baik antara sesama manusia maupun cinta kepada Tuhan. Ada pula naskah lagu kuno Yunani yang disebut Sappho, diperkirakan ditulis tahun 630 sebelum masehi, yang bertema cinta antara muda-mudi. Beberapa naskah ditulis dalam kertas papirus, dan yang ditemukan sekarang banyak yang bukan manuskrip aslinya. Adapula naskah-naskah yang lebih muda dari jaman Romawi ( tahun 100 – 400 masehi), isinya banyak yang bertema seksualitas dan cinta.

Pada jaman kegelapan di Eropa, menyanyi mendapat hambatan yang besar dari pihak gereja karena dianggap hasil perbuatan setan. Oleh karenanya, naskah-naskah nyanyian banyak ditemukan di daerah-daerah berkembangnya agama Islam pada saat itu seperti di Spanyol, sekitar abad ke-9, berjudul “Al Tarab” atau “Pesona”, temanya puji-pujian bagi Tuhan dan Nabi Muhammad.

Dengan dimulainya jaman Renaisance, nyanyian dan musik mendapat tempat yang luas di hati masyarakat. Pada abad 15 sampai abad 17 begitu banyak beredar syair-syair lagu dan musik di benua Eropa yang bertemakan cinta atau seksualitas yang samar. Mulai jaman inilah musik dan nyanyian dikenal luas, disimpan dan didplukasi, serta menyebar ke seluruh dunia.

Pekerjaan sebagai komponis atau pencipta lagu mulai populer pada abad ke-19. Salah seorang komponis terbesar pada jaman ini adalah Thomas Moore, dan menciptakan lagu telah menghasilkan banyak uang bagi dirinya. Selain dirinya, ada pula Henry Clay Work, Charles K. Harris, Hubert P. Utama, GW Chadwick, dan Henry Russell. Adapun komponis profesional pertama dan yang dianggap terbesar di Amerika adalah Stephen Collins Foster. Walaupun terkenal, komponis ini meninggal dalam kemiskinan karena masalah pribadi, di tengah-tengah lagu cinta klasik yang diciptakannya seperti lagu yang berjudul "Jeanie With Light Brown Hair," "Beautiful Dreamer" dan "You Be Gone Love".

Perkembangan musik terus terjadi sampai saat ini. Di Indonesia sendiri, industri musik sudah merupakan salah satu industri komersial yang besar, dan menghasilkan musisi-musisi besar. Tema cinta masih merupakan tema yang mendominasi, selain tema-tema spiritual. Dalam beberapa tahun terakhir, bermunculan banyak sekali grup band dengan lagu-lagu indah mereka, dan karenanya lagu Indonesia telah menggeser popolaritas lagu-lagu asing di negeri sendiri.

Nah, itu lho sekilas sejarah tentang nyanyi. Jadi, menyanyi memang sejalan dengan kebutuhan manusia untuk mengekspresikan isi hatinya, dan dalam hal nyanyi manusia tidak pernah berubah dari dulu sampai sekarang atau nanti.

Yang pasti, bagi saya nyanyi bermanfaat buat menghilangkan stres (saat teriak-teriak di karaoke), atau mengekspresikan isi hati pada saat ngelamun di rumah. Selain itu, nyanyi di kamar mandi juga bermanfaat buat mengurangi rasa dingin kena air, ha ha ha . . .

Oh iya, ngomong-ngomong soal musik, saya juga bisa main gitar sedikit-sedikit, dan iseng-iseng membuat beberapa lagu pribadi. Salah satunya adalah lagu yang syairnya kayak gini nihh :



Menggapai Mimpi By : Bellar


Menyambut pagi, disapa hangat sinar mentari,
Membuka hari, berbekal indah sejuta mimpi

Menata hati, jalani hidup ini,
Anugerah Ilahi, kucoba syukuri

Setiap kali, suka dan duka silih berganti,
Satu yang pasti, ku masih saja ada di sini

tetap berlari, menggapai semua mimpi,
Apapun ‘kan terjadi, ku terus berlari


Aku disini lagi, bersama mimpi,
Aku berlari lagi, melangkah pasti

Aku merangkai hari, menjadi berarti,
Wujudkan semua mimpi-mimpi,
kar’na itu ku tetap di sini


Aku disini lagi, bersama mimpi,
Aku berlari lagi, melangkah pasti

Aku merangkai hari, menjadi berarti,
Wujudkan semua mimpi-mimpi, kar’na ku di sini

Kar’na itu ku tetap di sini

Numpang promosi lagu Mas, siapa tahu ada produser lewat, ha ha ha . . .

10 comments:

omiyan 16 Februari, 2009 12:21  

hihihi lagunya boleh tuh cuman mustinya ada rekamannya minimal mp3 kan orang jadi tahu kayake gimana sih ini lagu...

Meidy 16 Februari, 2009 20:59  

wah, boleh juga tuh.. siapa tau tiba2 dinyanyiin afgan, marchel ato siapa gitu.. hebaaattt!! moga2 bener2 ada produser lewat deh.. cuma kok ga ada demonya?

Bellar 17 Februari, 2009 04:36  

Gimana ya caranya attach MP3 file ke posting? belum tahu nih ...

jono 18 Februari, 2009 22:52  

yang penting suara keluar, stress ilang

yangputri 19 Februari, 2009 09:46  

liriknya bagus tuh...!
bikinin lagu dong untuk aku..
salam kenal

meylya 19 Februari, 2009 10:32  

nyanyi emang bisa ngilangin stresss

Halaman Samping 19 Februari, 2009 11:56  

pertama karaoke di NAV klp gading. buatku karaoke stress, selain mancing n jogging. btw dibikinin demo lagu dong Bellar tuh lirik, kirim ke sony MBG, warner or nagaswara :) sukses...!

Toko Filia 20 Februari, 2009 09:45  

Diantara banyak lagu yang sudah diperdengarkan kepada saya (mungkin belum semua di published) emang ini seh yang "soul-nya kena di hati dan nyetrum ke otak"...cukup meng-inspirasi lhaaa...

Nyanyi sebenarnya buat saya hanya sekedar fun, nothing special apalagi hobi,kayaknya nggak deh...lain lagi kalo emang ruang kecil itu dipake buat ngumpul trus gila-gilaan "Changchutters" lumayan HOT...Yang kagak bisa nyanyi juga terpancing untuk ikutan kontes...sekali lagi buat gila-gilaan seh oke lha...

Lee Choo 19 September, 2009 20:58  

Saya Hobi nyanyi ^^

Tapi sayang.. Suara tidak mendukung T T..

UFO 11 Juni, 2010 18:47  

bagi yang hobi nyanyi, jadikan profesi aja
cekidot.. korea..
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4121633

Posting Komentar

  © Blogger template AutumnFall by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP