Add to Technorati Favorites   Personal Blogs   Top Blogs   Blog directory   Blogs Topsites - TOP.ORG   Personal blogs & blog posts   kehidupan, hidup   Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory

05 Februari, 2009

Falsafah dan Biliar

Dalam rutinitas kehidupan sehari-hari yang kadang membuat kita jenuh, tentunya para sobat mempunyai suatu hobi tertentu untuk menghilangkan kebosanan tersebut. Demikian juga saya !

Walaupun bukan seorang jago biliar, saya kerap kali meluangkan waktu untuk bermain biliar, kalau dihitung-hitung mungkin sekali dalam seminggu buat buang stres sambil cuci mata, ha ha . . .


Tahu nggak, bahwa biliar sudah menjadi suatu hiburan yang cukup trendi di kota-kota besar Indonesia pada saat ini, khususnya bagi kalangan muda ?

Sebenarnya, tipe permainan biliar ada bermacam-macam, mulai dari bola tiga, bola limabelas, bola sembilan, dll. Nah, yang sekarang trendi di Indonesia adalah bola sembilan (nine ball rotation).


Bagi yang belum tahu, saya kasih tahu kira-kira cara permainan bola sembilan. Prinsipnya sederhana, di atas meja biliar ada bola putih dan 9 bola lain yang dikasih nomor 1 sampai 9. Siapa yang bisa memasukkan bola nomor 9, dia lah pemenangnya, as simple as that ! Permainan biasanya dilakukan oleh dua orang, yang saling bertanding satu sama lain. Kedua pemain menotok bola secara bergantian. Ilustrasinya kira-kira begini : si Amir bertanding lawan si Budi. Amir melakukan totokan pertama yang disebut break, totokan harus dilakukan dengan keras kalau pingin ada bola yang masuk. Kalau bola 9 langsung masuk, namanya golden break, si Amir langsung menang, dan permainan bisa dilanjutkan ke game berikutnya. Kalau yang masuk bola nomor lain, si Amir melakukan totokan kedua untuk masukin bola, dan bola yang dituju harus bola dengan nomor paling kecil dari seluruh bola yang tersisa di meja (misalnya, bola nomor 1). Kalau bola nomor 1 masuk, si Amir melanjutkan totokan untuk memasukkan bola nomor terkecil berikutnya. Nah, si Amir terus dapat kesempatan notok sampai bola yang dituju nggak masuk. Begitu bola yang dituju nggak masuk, si Budi dapat giliran notok dengan tujuan memasukkan bola dengan nomor terkecil tersebut. Kalau masuk kemudian dilanjutkan dengan bola nomor terkecil lainnya, tapi begitu si Budi gagal masukin bola, si Amir dapat giliran notok lagi. Demikian, si Amir dan si Budi akan bergantian notok, dan siapa yang akhirnya memasukkan bola nomor 9, tanpa memperhitungkan jumlah bola yang dimasukkan sebelumnya, adalah pemenang untuk game tersebut, 1–0 !


Sebagai informasi, di Indonesia cukup banyak jago-jago main biliar ini, seperti Ricky Yang, Adam, dan lain-lain. Mereka biasa disebut Master ! Kalau sobat kebetulan ketemu sama mereka, jangan coba-coba main sama mereka yach (kecuali buat tujuan belajar), karena para Master tersebut seringkali bisa memasukkan semua bola dalam satu kali giliran totokan pertama (namanya run out), dan lawannya cuma bisa melongo melihat bola dihabiskan sama mereka, ha ha ha . . .


Walaupun bermain biliar kelihatan sepele, namun permainan ini tidak begitu mudah kalau dilakukan secara serius. Selain dibutuhkan teknik bermain yang memadai, ada tiga hal lain yang menjadi modal utama, yaitu kekuatan mental, konsentrasi, dan konsistensi. Biliar juga termasuk salah satu jenis olahraga, karena memang menyita konsentrasi kita. Saya pernah beberapa kali ikut turnamen biliar untuk kelas pemula, dan di situ baru ketahuan bahwa main biliar itu capek. Badan dan muka keringatan, trus kalau udah capek atau mental udah “kena”, totokan jadi ngaco !


Ada beberapa hal yang membuat saya menyenangi permainan biliar. Pertama, dengan bermain biliar kita terbiasa melatih konsentrasi dan konsistensi kita (kalau nggak konsen & konsisten, bisa kalah). Kedua, pada saat nge-break (totokan pertama), saya biasanya menotok sekeras mungkin dan itu berguna buat membuang stres kita. Ada stres yang keluar pada saat bola putih menabrak seluruh bola yang disusun, apalagi kalau ternyata ada bola yang masuk. Ketiga, falsafah biliar bola sembilan, yaitu ada tujuan akhir (memasukkan bola nomor 9), dan untuk mencapai tujuan tersebut kita harus melakukan hal-hal lain lebih dulu (memasukkan bola-bola dengan nomor lebih kecil secara berurutan). Yang lebih seru, sepanjang permainan ada kendala yang harus dihadapi, yaitu lawan tanding yang siap menghabiskan bola kalau kita gagal memasukkan bola.


Nah, ketiga hal itu cukup nyambung kalau dihubungkan dengan kehidupan kita sehari-hari. Dalam kehidupan, kita mempunyai tujuan-tujuan akhir (jangka panjang) dalam segala aspek. Tujuan itu nggak bisa tercapai begitu saja, tapi ada langkah-langkah (action) yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, dan setiap langkah akan membawa kita semakin dekat pada tujuan kita (final count down). Dalam proses mencapai tujuan tersebut, banyak kendala yang mesti dilewati dan kalau kita nggak bisa menghadapinya, berarti kita kalah / gagal. Oleh karenanya, supaya kita bisa menang dan mencapai tujuan, kita membutuhkan mental yang bagus (positive thinking, nggak cepat putus asa), konsentrasi yang tinggi dalam melangkah untuk mengatasi kendala-kendala yang ada, serta konsistensi dalam setiap langkah agar tujuan kita semakin cepat tercapai. Kalau hal-hal itu nggak dilakukan, kita akan menjadi orang yang gagal. Yang nggak kalah penting, dalam hidup juga kita membutuhkan hiburan untuk menetralisir rasa stres kita, dan itu harus dilakukan secara periodik serta terus-menerus (dalam permainan biliar, nge-break dilakukan pada awal setiap game). Hiburan juga memberikan waktu bagi kita untuk beristirahat, sehingga konsentrasi dan konsistensi tetap terjaga untuk melakukan langkah selanjutnya.


Aha, itu lah bisa-bisanya saya menghubungkan permainan biliar dengan kehidupan, dan ternyata biliar bukan hanya permainan, tapi merupakan sebuah falsafah bagi saya. Just wanna share, bahwa pelajaran-pelajaran penting bagi kehidupan terkadang dapat ditemukan dalam banyak hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari, contohnya saya menemukan pelajaran itu salah satunya dari permainan biliar !


Ps :

Buat yang jago biliar, jangan merasa ditantang yach, saya masih pemula, he he . . .
Kalau sobat kebetulan hobi biliar dan berdomisili di Bandung, boleh lah kita main biliar bareng untuk tujuan fun (nggak boleh taruhan, haram, ha ha . . . ), siapa tahu dapat tambahan satu teman lagi, what an enjoyable life . . . !


1 comments:

yudi 08 Juli, 2009 12:05  

salam kenal bro..

Posting Komentar

  © Blogger template AutumnFall by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP