Add to Technorati Favorites   Personal Blogs   Top Blogs   Blog directory   Blogs Topsites - TOP.ORG   Personal blogs & blog posts   kehidupan, hidup   Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory

01 September, 2009

Happy SEO - Cara Meningkatkan Google Page Rank Blog Tanpa Blogging !

seo tips
Semua sobat yang berkecimpung di dunia blogging tentu mengetahui, bahwa google page rank merupakan sebuah indikator yang cukup penting bagi sebuah blog. Banyak blogger yang menafsirkan tingkat keberhasilan sebuah blog dari page rank yang dimiliki oleh blog tersebut. Page rank yang tinggi memungkinkan pemilik blog untuk menempatkan blognya di halaman pertama mesin pencari google untuk keyword yang diinginkannya. Karena google merupakan search engine yang paling banyak dipergunakan, maka blog tersebut akan kebanjiran pengunjung bila dapat terpampang di halaman pertama google untuk sebuah keyword yang laris.

Banyak sekali SEO tips dan trik blogging yang telah ditulis agar page rank dari blog kita cepat meningkat, dengan aneka ragam cara yang direkomendasikan. Tapi, apakah para sobat sudah tahu bahwa dengan cara-cara tertentu, peningkatan page rank yang signifikan dapat terjadi tanpa perlu banyak blog walking dan komentar di blog lain, atau bahkan tanpa perlu blogging sama sekali ?

Cara itu saya namakan "Happy SEO".

Mau tahu bagaimana caranya ? Yukk, dilanjut ........................

Ha ha ha . . . . . , sebelumnya saya mau minta maaf kalau judul dan alinea-alinea pertama posting ini terlihat nyleneh (bahasa betawinya, "belagu"), dan sok tahu. Saya memang sengaja kok, supaya banyak sobat yang tertarik dan membaca posting ini. Ada kepuasan tersendiri lho kalau posting kita dibaca sama banyak orang. Mudah-mudahan judul dan pembukanya cukup membuat para sobat tertarik dan membaca, ha ha . . . .

Dalam posting ini, saya hanya ingin membagi pengalaman saya yang mungkin berguna bagi para sobat yang masih newbie. Ok, kita mulai dari teori dulu ya.


Cara Google Menentukan Page Rank Sebuah Blog / Website


Walaupun kelihatan bombatis dan nggak realistis, sebenarnya judul dari posting ini tidak terlalu salah. Menurut teori dari para ahli yang kebetulan pernah saya baca, page rank dari sebuah blog tidak banyak ditentukan oleh jumlah pengunjung blog tersebut, namun lebih ditentukan oleh link yang mengarah kepada blog tersebut (saya mengeluarkan website statis dari pembahasan, karena konsen kita adalah blog). Racikan penentuan page rank dibuat oleh ahli-ahli IT-nya google dan dirahasiakan, sehingga jarang sekali yang tahu persis mengenai perhitungan tersebut.

Namun, secara kualitatif, ada beberapa faktor utama yang menentukan page rank blog milik kita, antara lain :

1. Kualitas dari blog lain yang melakukan link ke blog kita

Untuk menyederhanakan, kualitas kita identik kan dengan page rank. Contohnya, kalau ada sebuah blog dengan page rank 7 melakukan link ke blog kita, itu merupakan keuntungan yang besar bagi penentuan page rank blog milik kita.

2. Kualitas dari blog-blog yang melakukan link ke blog yang melakukan link ke blog kita

Nah, poin 2 diatas perlu dibaca baik-baik, karena bahasanya agak aneh. Untuk contoh diatas, page rank blog milik kita juga ditentukan oleh page rank dari blog-blog yang melakukan linking ke blog dengan PR 7 tersebut.

3. Relevansi dari blog yang melakukan linking ke blog kita dan ke blog PR 7 tersebut

Relevansi diukur dari banyaknya pembahasan yang relevan dengan isi blog kita. Karena google melakukannya dengan cara otomatisasi komputer, saya menduga relevansi tersebut diukur dari banyaknya kesamaan kata yang dipergunakan.

4. Jumlah blog yang melakukan linking ke blog kita, serta jenis link yang dilakukan

Kalau didiskusikan detail, bisa panjang. Kita ambil pendeknya saja, blog kita akan lebih dihargai oleh google bila banyak deep link yang mengarah ke situ. Bagi sobat yang belum tahu, deep link adalah link yang berasal dari sebuah artikel, bukan berasal dari tukaran link di side bar.


Beberapa Cara Praktis yang Bisa Dilakukan


Dengan panduan teori diatas, langkah-langkah praktis yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Mendaftarkan blog kita ke google

Masuk diakal, karena tidak mungkin google akan mengindeks blog kita kalau blog kita tidak terdaftar.

2. Tukar link dengan blog para senior (Authority blog)

Di Indonesia, kita para blogger junior sangat beruntung karena banyak blogger-blogger senior dengan blog ber-PR tinggi seperti Mas Fatih Syuhud dan kawan-kawan, yang rela bertukar link secara gratis. Padahal, harga link dari blog dengan PR yang tinggi cukup mahal lho. Waktu itu, saya beruntung bisa bertukar link dengan beberapa Authority Blog, padahal page rank saya masih "no page rank information is available", ha ha .

3. Membuat beberapa artikel link bait (artikel pilar) dan mengirimkannya ke Social Bookmarking Website

Artikel pilar adalah artikel yang bisa memancing orang untuk membaca serta melakukan link ke halaman blog kita. Intinya, kita membuat artikel yang menarik, sifatnya sangat relatif. Saat itu, ada beberapa artikel yang saya anggap artikel pilar antara lain Sepuluh Dimensi Kehidupan dan Pensiun Sebagai Milyarder . . . !, saya kirim ke infogue.com. Hasilnya lumayan, dapat seratusan lebih pemilih.

4. Melakukan inbound link

Inbound link adalah linking dari satu artikel ke artikel lainnya. Contohnya, seperti yang saya lakukan diatas. Tapi, kita nggak bisa sembarangan nge-link, harus relevan dan jangan terlalu banyak juga, karena bisa dicurigai / kelihatan tidak wajar sama si google.


Nah, cara-cara itulah yang saya lakukan selama kurang lebih dua bulan. Sejak bulan Maret, saya tidak sempat "menjamah" blog saya karena kesibukan kerja (maklum, ketularan krisis dari Amrik). Akibatnya, pengunjung blog saya hanya berasal dari search engine saja. Setelah 5 bulan vakum, saya mulai "menjamah" kembali blog ini dan saya lihat page rank nya sudah 3.

Terus terang, saya cukup kaget, karena saya hanya melakukan apa yang harus dilakukan menurut teori di atas. Ternyata, apa yang saya lakukan cukup bermanfaat. Karena itu, saya bagikan pengalaman saya ini, mudah-mudahan peruntungannya cocok juga buat para sobat yang punya blog baru.

Harus kita akui, page rank memang sesuatu yang cukup berharga. Namun, dari pengalaman tersebut, saya juga belajar bahwa page rank ternyata bukan segalanya. Yang menarik dari blogging sebenarnya adalah seni dan cara berkreasi untuk mencapai tujuan tertentu (trafik, page rank, disain, monetisasi, dan lain-lain). Menurut saya, tantangan nge-blog ada pada hal-hal tersebut. Dengan blogging kita juga menambah sahabat baru. Mungkin hari ini kita hanya saling menyapa dalam tulisan, tapi bukan tidak mungkin esok lusa bisa menjadi sahabat baik di real world (right?).

Karenanya, menurut saya, cara-cara natural seperti blog walking, memberi komentar, mengikuti komunitas blogger, masih merupakan cara terbaik untuk mengembangkan blog kita, karena hal yang terpenting dari blogging adalah blogging itu sendiri, bukan indikator-indikator penilaian sebuah blog.

So, page rank yang sekarang saya miliki ternyata bukan hasil usaha saya saja, melainkan sebuah keberuntungan dari sumbangsih dan usaha para sobat sekalian. Kesimpulannya, page rank blog kita ternyata bukan ditentukan oleh kita sendiri, tetapi ditentukan oleh sahabat-sahabat blogger yang setiap hari bercengkrama dengan kita.

Untuk para sobat senior yang kebetulan baca, mohon koreksinya apabila cara-cara yang saya terapkan diatas ternyata kurang tepat atau dapat menyesatkan.


62 comments:

willy weblog 01 September, 2009 20:23  

wahc boleh niey sob..berarti u senior aq donk???mantab dah!!! Oiya master,boleh tuker link gk??help me yah master??

Zippy 01 September, 2009 20:47  

Wah, menarik juga nih...
Thx buat tips'x, hehehe...
Btw, salam kenal yah :)

NURA 01 September, 2009 21:37  

salam sobat
blognya bagus ,artikel mantap nich,,banyak ilmu dan bermanfaat kalau baca tipnya.

salam kenal dari NURA

Ari 02 September, 2009 05:35  

Bagus nih Posting

Mau tak GEBERRR AHHH

neilhoja 02 September, 2009 07:07  

wo.. cerita yang ga jauh beda dengan diriku om.. heheehehe

bang rachmat 02 September, 2009 09:26  

artikelnya menarik bro, mampir dong ke blog aku & kasih masukan, bisa kita tukeran link?

Bellar 02 September, 2009 10:53  

Terimakasih semua untuk komentar-komentarnya yang berharga.

@ BangRachmat :
Wah, materi blognya berat Bang, saya nggak terlalu paham mengenai agama, kurang kompeten untuk kasih masukan. Anyway, kunjungan regular tetap dilakukan lho, dan kalau ada artikel yang umum & kebetulan saya ngerti, saya akan coba kasih komentar. Salam.

Alex L. Setiawan 02 September, 2009 20:31  

Nice artikel.. thank's bro informasinya..

manusia bodoh 02 September, 2009 22:08  

masih bingung dengan pembahasan diatas

ewe 03 September, 2009 03:16  

waaahh beruntung aku tukeran link ama Bellar...thanks ya???

aswad 03 September, 2009 05:58  

wah Keren banget informasinya

jatger 03 September, 2009 10:51  

makasih infona mas.. hmm jadi tambah ilmu nih..he..he, lam sukses

andai-andai blog 03 September, 2009 10:52  

aku suka nih artikel membantu banget fren,, lam kenal ya

Animation, money n more 03 September, 2009 11:06  

wah thanks brow buat infonya emang blogwalking, komen serta tukar link masih yang terbaik dalam menaikan PR......

gratis mp3 & lirik 03 September, 2009 11:06  

waw menarik nih...patut dicoba....
hehehehe...

Relz 03 September, 2009 11:39  

Thanks buat tips nya yach.. nambah ilmu lagi nich :)

SigmaBisnis 03 September, 2009 11:41  

Artikel yang sangat magnetis... ketika saya pertama kali berkunjung, gak tau kenapa tiba-tiba saya merasa terbawa arus medan magnet untuk terus membaca artikel SEO yang mbikin orang penasaran juga..
Btw thanks.
Salam

Udik-Net 03 September, 2009 12:18  

OK banget artikelnya suhu, aq praktekkan ah....

hersu 03 September, 2009 13:08  

postingnya bagus untuk dipraktekkan, ndak terlalu sulit bagi pengejar PR (tapi saya tidak mengejar PR semata...ada hal lain yg perlu dikejar)

Anggun 03 September, 2009 13:13  

Sekarang PRny Nol Lagi gan, Nih aku kopi dari SEOQUAKE:

(lama lama mbah google bikin pusing neeh)

URL: http://geraikasih.blogspot.com/2009/09/happy-seo-cara-meningkatkan-google-page.html

Title: Kehidupan, kasih, sebuah pojok | GERAI KASIH

Meta keywords: kehidupan, kasih, hidup, pribadi, spiritual spiritualisme

Meta description: Spiritualisme kehidupan pribadi di dalam kasih

Internal links: 26 (0 nofollow)

External links: 83 (1 nofollow)

Server: GFE/2.0

Page:
PR: n/a Cached: 1 Sep 2009 I: 0 I: 0 I: 0

Domain:
I: 41 I: 0 Dir: No I: 1 Dir: No Rank: 3212058 Age: no matches IP: 74.125.19.191 whois Rank: n/a Traffic: n/a Price: n/a C: n/a

Backlinks:
L: 0 L: 0 LD: 2,152 LD2: 447,743,394

Others:
source Robo: yes Sitemap: no

Bellar 03 September, 2009 14:52  

Sekali lagi, terimakasih untuk komentar-komentarnya yang berharga, mudah2xan artikel ini ada manfaatnya untuk para sobat.

@Anggun, PR homepage berbeda dari PR article page. Mudah2xan PR hompagenya ga turun ya.

Dunia Komputer 03 September, 2009 16:49  

Tips yang kaya gini nieh aku perlu sob. Maklum PRku masih jongkok nie. He..he.. Salam kenal ya.

My Online Bussines 04 September, 2009 06:53  

tulisanyanya bagus banget nich.. benar2 berguna.. aku coba ikutin sarannya2 ach... sukses selalu buat kita semua....

Hasannudin 04 September, 2009 09:51  

Wah postingannya lengkap banget, pantesan PRnya dah 3, mantap deh, tetap semangat tuk sharing information.

sahabat 04 September, 2009 11:26  

informasi yang bagus, saya juga sebenarnya kurang mengerti mengenai page rank ini, blog saya jarang update, tau-tau udah jadi PR 2.
Tuker link ya bro...

ina 04 September, 2009 11:46  

keren sob,....


patut ditiru,...

makasih yah,....

ruri 04 September, 2009 13:00  

ulasan artikel anda sangat bagus. sangat membantu memberikan pencerahan bagi para blogger's lainnya. seperti saya ini..

Eko 04 September, 2009 15:31  

terima kasih atas infonya sobat, semoga bermanfaat.

hidup itu indah 05 September, 2009 15:50  

bagus banget sob, thanks ya

DNora 05 September, 2009 17:16  

Saya suka info ini.. Sangat bermanfaat untuk saya..

mufied 05 September, 2009 21:10  

wahhhh !!!!!

infonya bagus sob !!!!

tukeran link yukk sob !!!

daud 08 September, 2009 03:13  

mantap banget, tapi aq blm ngerti jg.. help me...

Bellar 08 September, 2009 21:33  

Kita sama-sama belajar, yang penting belajar & belajar.

@Daud, tulisan saya sangat terbatas karena keterbatasan kemampuan. Banyak artikel lain dari para senior yang bagus untuk dipelajari. Mas Daud bisa baca-baca & dapat pelajaran gratis lho.

Rizky2009 09 September, 2009 15:56  

wah mantab. patut d coba

Didi - dukonbesar.com 09 September, 2009 19:23  

keren, Didi suka cara penyampaiannya. Terkadang aturan SEO yang njelimet itu menjadikan artikel tentang SEO jadi kaku. Tapi yang ini; luwes, berisi dan asyik.

Salam sukses dah , nice post !

Putra Al-Maliki 10 September, 2009 23:27  

Page rank bersangkut paut dengan jumlah backlink yang diterima oleh sesebuah laman web

pengumpul blog 11 September, 2009 10:53  

menarik juga info ni sob. Kok begitu caranya. terima kasih banget ya

JOLA76 16 Oktober, 2009 13:00  

wah... keren banget infonya, terima kasih sobat

keenan 27 November, 2009 13:45  

wah kurang ngerti neh,trus tuk tukeran link itu gimana?klo bisa kita tukeran dulu dong bos saya di elvsjazzy.blogspot.com mohon bantuanya:)

komplit 07 Desember, 2009 11:38  

bagimana ya cara ningkatin traffic kita??? kok keyword aya banyak yang hilang dari peredaran

tutorial 07 Desember, 2009 11:39  

ada ndak yah tutorial ningkatin SEO?? saya masih awam banget je

cara-blog.co.cc 08 Juli, 2010 13:31  

bro, bagus juga blognya, kunjungan balik ya :)

Download Ebook Gratis 09 Juli, 2010 12:14  

mantab nich blognya, kunjungan balik ya bro di download ebook gratis, kumpulan, buku, pecinta, buku online, ebook, download ebook, cara membuat blog, bisnis online

Ega 05 September, 2010 19:56  

Sebuah tips yang bagus banget!!! keep posting

Ularsawah in Blog 14 Oktober, 2010 23:59  

wah ,baru tau PR bisa ningkat tanpa update blog
kalo gitu tukaran link yuk
kan ente senior ane

pulsa elektrik 28 Desember, 2010 20:40  

ternyata langkah 2 yg bapak lakukan sederhana tapi mengenai sasaran,kayaknya saya hrus mencontoh langkah bapak nih

andi 26 Januari, 2011 11:32  

ijin copy artikelnya bro...salam...

fianagus 01 Februari, 2011 21:22  

Tips yang bermanfaat,.
thanks.,

Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah 04 Juni, 2011 00:51  

Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah

20. Tambahkan Logo SEO Game pada web/blog Anda

Perlu di ingat:

1. Perlu diingat bahwa saat Anda register untuk SEO Game, Anda harus memastikan bahwa entry URL yang Anda masukkan mengacu kepada halaman sebenarnya yang Anda submit untuk kontes.
2. Pada saat register, apabila terdapat kotak isian yang kosong atau URL entry tidak mengacu kepada spesifikasi yang seharusnya, maka entry akan dihapus.

panarukan.net 14 Agustus, 2011 02:36  

dicoba ah sapa tahu bisa meningkat pagerank saya

music technology colleges 14 Agustus, 2011 02:37  

apakah trik ini masih bisa digunakan dengan algoritma google yang baru...?

Medicine Of Herbal 28 Agustus, 2011 23:47  

sebenarnya SEO itu apa seh???
aq binggung mpe skrng.....welh2

Nature-Pills 22 Oktober, 2011 14:26  

aduh...otak ku panas mikirin SEO

mainelyequal 22 Oktober, 2011 14:27  

yg master bagi donk ilmunya....
ane masi newbie

sinhui 22 Oktober, 2011 14:28  

thx buad sarannya..langsung saya coba..hehehe

young drivers insurance 13 November, 2011 19:41  

Bagus nih Posting

Mau tak GEBERRR AHHH

young drivers insurance 13 November, 2011 19:41  

Bagus nih Posting

Mau tak GEBERRR AHHH

Ellys Directory 21 Januari, 2012 23:59  

Thanks buat tips nya yach.. nambah ilmu lagi nich :)

Posting Komentar

  © Blogger template AutumnFall by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP