Add to Technorati Favorites   Personal Blogs   Top Blogs   Blog directory   Blogs Topsites - TOP.ORG   Personal blogs & blog posts   kehidupan, hidup   Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory

31 Agustus, 2009

Pilih Mana Ya, Webhosting Gratisan atau Webhosting Berbayar ?

blogging

Pada saat kita bermaksud membuat sebuah blog atau website pribadi, kita memerlukan jasa penyedia server publik yang lebih dikenal dengan nama Webhosting. Ditinjau dari biaya yang harus dikeluarkan, webhosting tersebut dapat diklasifikasikan menjadi dua macam, yaitu webhosting gratisan dan webhosting berbayar. Dari namanya mudah ditebak, yang satu memberikan fasilitas secara gratis, yang lainnya harus bayar. Contoh dari webhosting gratis yang terkenal adalah blogspot dan wordpress, sementara yang berbayar contohnya bluehost.

Walaupun ada pameo terkenal "kalau bisa gratis, kenapa mesti bayar", namun menurut saya untuk tujuan-tujuan tertentu tidak selamanya webhosting yang gratisan itu lebih baik daripada yang bayar. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan kapan kita menggunakan webhosting gratisan dan kapan menggunakan webhosting berbayar.

Faktor-faktor itu, antara lain :

1. Seberapa newbie nya kita di dunia blogging

Saya yakin, hampir semua dari sobat setuju kalau saya mengatakan bahwa dunia blogging bukan hanya masalah membuat sebuah blog. Menurut saya, blogging adalah dunia seni, yang mencakup seni desain, menulis, mempromosikan, dan memonetisasi sebuah blog. Perlu sebuah proses yang tidak sebentar untuk menguasai bahkan untuk sekedar mengerti mengenai dunia ini, dan proses itu membutuhkan waktu.

Karenanya, bagi sobat yang baru pertama kali membuat blog, webhosting gratisan lebih tepat untuk digunakan, karena kita bisa belajar tanpa perlu membayar terlalu banyak biaya (hanya bermodal koneksi internet dan waktu). Setelah kita mengerti cukup banyak (menurut ukuran kita sendiri) mengenai dunia blogging, boleh lah coba-coba mulai dengan webhosting berbayar.

2. Tujuan utama dari pembuatan blog

Ada tujuan komersial, dan tujuan non-komersial. Walaupun tidak ada salahnya sama sekali untuk memonetisasi sebuah blog, apalagi kalau blog kita sudah ramai pengunjungnya dan memungkinkan untuk melakukan itu, namun sebuah blog pasti dibuat untuk tujuan utama tertentu. Ada yang untuk menyalurkan hobi menulis, hobi komputer, hobi surfing/blogwalking, menambah teman (non-komersial); ada pula yang tujuannya untuk mendapatkan penghasilan yang memadai dari blog tersebut (komersial).

Bila tujuan utamanya bersifat non-komersial, lebih baik menggunakan webhosting gratisan (di sini berlaku pameo "kalau bisa gratis, kenapa mesti bayar", ha ha). Namun bila tujuan utamanya bersifat komersial, kita harus mengganggap blog kita sebagai investasi dan investasi awal adalah menyewa webhosting dan membeli nama domain. Beberapa pertimbangan yang mendasarinya adalah:
- kita pasti berharap blog kita menjadi populer, dan mempunyai hak serta akses penuh atas blog kita. Bila menggunakan blog gratisan, penyedia webhosting mempunyai hak untuk memblok bahkan sampai menghapus blog kita bila dianggap menyalahi peraturan mereka. Alangkah sedihnya bila blog kita yang sudah populer tahu-tahu lenyap tanpa kita sadari penyebabnya.
- blog kita lebih dipertimbangkan orang (secara bisnis) bila memiliki domain yang bebas dan berbayar. Ini sesuai dengan hukum bisnis, orang yang mau mengeluarkan uang untuk mendapatkan uang, lebih dihargai daripada orang yang memanfaatkan fasilitas gratis untuk mendapatkan uang (istilah kerennya : bonafide).


Saya sendiri adalah seorang newbie di dunia blogging, makanya untuk blog ini saya mempergunakan webhosting gratisan. Tapi, saya juga punya blog lain bertema Personal Finances yang saya harapkan dapat memberikan tambahan penghasilan dalam jangka panjang. Untuk blog itu, saya menyewa webhosting berbayar. Mottonya : "yang penting usaha, hasil sudah ada yang ngatur".

Bagaimana dengan pendapat sobat-sobat yang sudah pengalaman di dunia blogging, ada yang mau nambahin atau koreksi kah ?

7 comments:

Bellar 01 September, 2009 05:43  

Setuju. Cuma agak susah sih menentukan sebenarnya berapa banyak yang sudah kita tahu, karena ilmu blogging dan internet marketing cakupannya cukup luas.

ewegombel 01 September, 2009 07:06  

betul sih...kalo belajar pake yang gratis (wp dot com, blogcpot, ato subdomain gratisan di hosting gratisan)gratis dulu dan biasanya pasti akan berpindah ke domain dan hosting berbayar kalo ingin lebih memperdalam pengetahuan bloggingnya sambil mencari teman blogger lain...sambil nyari cara mendatangkan uang..heheheh..kalo

untuk seberapa nubienya, kita kembali sama diri masing-masing, menurutku, makin banyak blajar ya makin banyak ga tau (karna ilmu iu seperti Bellar bilang "cakupannya luwas"), kata emak kalo ga salah ga blajar namanya...opooooooo sih hihi...jadi selamanya kita akan menjadi nubie dalam tanda kutip, haalllah...sok tau ya aku..hihih

saya tetep pake yang gratisan dan akan menggunakan yang berbayar, ikutan Bellar.;.hehheh

gema_gogo 01 September, 2009 13:00  

Kalo saya sih memilih yang gratisan, karena saya ini masih belum terlalu mahir di dunia internet, berawal dari apa dan berakhir sperti apa nantinya saya juga tidak tahu..

mungkin kalo saya sudah merasa bisa mendapatkan untuk di dunia internet, maka saya bisa mneruskannya dengan hosting yang berbayar kali ya.. karena biar dapat jaminan keamanan dan file2 yang di titipkan bisa terjaga

deINDIES 01 September, 2009 13:10  

Berbayar atau gratisan tergantung kebutuhan

Bellar 01 September, 2009 21:11  

Ya, memang..., semakin banyak belajar, semakin banyak nggak tahu. Bisa ini, kurang itu, makanya perlu banyak teman untuk tempat nanya.

harga jual blackbery iphone laptop murah 04 Juni, 2011 00:53  

Untuk hosting gratisan sekaran semakin baik

Posting Komentar

  © Blogger template AutumnFall by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP