Add to Technorati Favorites   Personal Blogs   Top Blogs   Blog directory   Blogs Topsites - TOP.ORG   Personal blogs & blog posts   kehidupan, hidup   Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory

30 Agustus, 2009

Cincin Syukur dalam Kehidupan

kehidupanRenungan pagi, cerita fiksi kehidupan.

Alkisah, ada semacam cincin yang terbuat dari perak. Cincin tersebut tidak kelihatan istimewa, mirip cincin-cincin biasa yang dijual di pinggiran tempat wisata, namun semua orang sangat menginginkannya, karena daya mukjizat dari cincin tersebut. Menurut orang, barang siapa yang memakai cincin tersebut, akan mendapatkan kedamaian hidup. Mata cincin tersebut terbuat dari batu akik. Satu hal yang membedakan cincin tersebut dari cincin-cincin lainnya, adalah ukiran huruf di dalam batu akik yang berbunyi, "INI, JUGA, AKAN BERLALU".


Saya juga punya satu, tapi tidak selalu saya pakai, karena selalu saya tanggalkan pada saat malam menjelang tidur, dan seringkali lupa untuk memakai kembali esok harinya. Tapi swear, pada saat saya memakainya, hidup saya terasa berbeda.

Ketika kesulitan menerpa hidup saya, saya cukup memandang mata akik tersebut, dan membaca, "ini, juga, akan berlalu", seketika saya sadar bahwa kesulitan ini akan berlalu juga pada akhirnya (dan itu selalu terjadi), sehingga saya diberi ketenangan menghadapinya.

Ketika kehidupan membawa saya ke puncak kesenangan, sehingga merasa perlu untuk berpesta untuk merayakannya, mata akik akan memancarkan cahaya sehingga terbaca jelas oleh saya, "ini, juga, akan berlalu". Saya jadi tidak lupa diri karenanya.

Dalam setiap hal yang saya hadapi, ketika saya memakai cincin tersebut, saya akan selalu memandang mata akik sejenak sebelum melakukan sebuah respon, dan saya selalu menemukan beribu jawaban dari segala hal, hanya dengan membaca satu kalimat pendek tersebut, "ini, juga, akan berlalu".

Masa kecil yang indah akan berlalu, masa remaja tidak terasa akan berlalu, kedewasaan yang penuh tanggung jawab dan beban juga akan berlalu, masa tua akan berlalu, dan hidup kita pun, juga, akan berlalu.

Saya terlalu bodoh untuk bercerita tentang surga dan neraka, tentang dosa dan pahala, namun satu hal yang saya dapatkan ketika memakai cincin tersebut, adalah kesadaran bahwa hidup ini tidak kekal, terisi penuh oleh gelombang kesenangan dan ketidakbahagiaan yang juga tidak kekal, dan kedamaian hidup bukan berasal dari hal-hal material yang telah kita capai atau peroleh, namun berasal dari kemampuan untuk bersyukur dan menikmati saat ini apa adanya. Cincin itu, dengan kata-kata ajaibnya "ini, juga, akan berlalu", telah membantu saya untuk belajar mengenai arti kehidupan.

Cincin itu, saya namakan cincin syukur. Semoga saya tidak lupa untuk memakainya setiap hari, sehingga saya selalu dapat berkata, "ini, juga, akan berlalu".

Bagi semua sobat Muslim, selamat menunaikan ibadah puasa, semoga puasa ini mengasah ketajaman rasa syukur sehingga membawa berkat kehidupan yang melimpah untuk kita semua.




4 comments:

ekosulistio 01 September, 2009 07:01  

kita harus selalu bersyukur dg semua apa yg kita dapatkan..

Bellar 08 September, 2009 21:25  

@ekosulistio, mudah-mudahan Mas, karena tidak mudah untuk dapat benar-benar bersyukur dan berserah.

Posting Komentar

  © Blogger template AutumnFall by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP