Add to Technorati Favorites   Personal Blogs   Top Blogs   Blog directory   Blogs Topsites - TOP.ORG   Personal blogs & blog posts   kehidupan, hidup   Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory

03 Februari, 2009

Kehidupan yang Penuh dengan Syukur

Dalam kehidupan sehari-hari, acapkali kita mengalami hambatan, tantangan, kendala, dan masalah yang sepertinya sangat sulit untuk kita lewati atau pecahkan. Situasi-situasi tersebut bahkan sering kali membuat kita menyesali seluruh kehidupan kita, dan meratapi kelahiran kita di dunia ini. Semuanya seakan tidak berjalan dengan benar dan tidak ada yang berpihak pada kita.

Memang, kehidupan bukan hanya menghadirkan kesenangan dan kebahagiaan di dalamnya, namun juga menyimpan berbagai masalah. Roda hidup terus berputar, naik dan turun, itu adalah takdir yang tidak dapat kita hindari. Bagian yang terpenting dalam hidup sebenarnya bukan lah up and down tersebut, namun bagaimana cara kita menyikapi segala situasi ada di hadapan kita.

Saya teringat sebuah cerita mengenai seorang tahanan yang sudah dijatuhi vonis mati, namun tetap tidak merasa takut. Pada suatu hari dia tampak sedang bermain gitar di tengah-tengah lapangan penjara. Sejumlah besar tahanan lain berkumpul di sekelilingnya mendengarkan alunan musik dan di bawah pengaruh musik itu ketakutan mereka menjadi hilang. Ketika para sipir melihat hal itu, mereka melarang orang itu bermain gitar.

Hari berikutnya, orang itu kembali lagi ke tempat yang sama, bernyanyi dan memainkan gitar dengan tahanan lain yang lebih besar jumlahnya. Dengan marah, para sipir menyeretnya dan memotong jari-jari tangannya.

Namun esoknya dia kembali lagi dan bernyanyi sambil bermain musik sedapat-dapatnya walaupun jarinya penuh darah. Tahanan lain yang datang di sekelilingnya bersorak-sorai. Para sipir menyeretnya lagi dan membanting gitarnya sampai hancur.

Pada hari berikutnya, tanpa gitar, dia bernyanyi dengan seluruh perasaannya, begitu merdu dan menyentuh hati ! Tahanan lain menggabungkan diri dan turut bernyanyi. Karena hal ini, para sipir memotong lidah orang itu. Sekarang orang itu tidak dapat lagi bermain gitar dan bernyanyi karena segalanya sudah direnggut darinya.

Keheningan menyelimuti seluruh penjara !

Namun, alangkah herannya semua orang, ketika keesokan harinya dia kembali ke tempat yang sama sambil berlenggang dan menari diiringi musik yang hanya dapat didengar oleh dirinya sendiri. Melihat hal itu, semua tahanan berkumpul saling bergandengan tangan, menari di sekeliling dirinya yang berdarah dan hancur, sementara para sipir berdiri terpaku penuh kekaguman !

Dalam kehidupan saya yang juga penuh masalah, ada beberapa hikmah yang dapat direnungkan dari cerita diatas. Ketika manusia sudah menjalani hidup dengan penuh syukur, maka dia telah menjadi orang yang “bebas” dari segala masalah dan situasi. Perasaannya tidak lagi dipengaruhi oleh hal-hal yang berasal dari luar dirinya, namun ditentukan oleh dirinya sendiri. Situasi menyenangkan tidak membuatnya lupa diri, dan situasi sulit tidak membuatnya jatuh. Pada saat itulah, dia juga akan menjadi inspirasi bagi orang-orang di sekelilingnya, untuk dapat menyikapi kehidupan secara lebih baik lagi.

Walaupun terkadang sulit untuk dilakukan, mudah-mudahan cerita tersebut dapat menjadi satu inspirasi bagi kita semua, untuk mencoba menjalani kehidupan ini dalam rasa syukur sehingga apapun masalah yang kita hadapi tidak membuat kita menjadi putus asa dan hilang harapan.

Semoga !


0 comments:

Posting Komentar

  © Blogger template AutumnFall by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP